Dalam rangka menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa SMAN 3 BATANGHARI dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, smaka seluruh sumber daya pendidikan yang ada perlu dikelolah dan didayagunakan seoptimal-optimalnya. Sumber daya pendidikan berupa manusia, uang, sarana, dan prasarana, metode, dan sebagainya harus diorganisir, diinteraksi, dikoordinasi, dan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Hal ini dapat dicapai apabila Kepala Sekolah berkemampuan dan mampu menjalankan fungsi Managemen (pengelolaan) Pendidikan. Managemen Pendidikan dapat diartikan sebagai segala yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Karena tanpa Manajemen yang baik, tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal, efektif, dan efisien. Dalam rangka ini diperlukan adanya Managemen Berbasis Sekolah (MBS) yang memberikan kewenangan penuh kepada sekolah dan guru dalam mengatur pendidikan dan pengajaran, merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, dan mempertanggungjawabkan, mengatur serta memimpin sumber daya insani serta barang-barang untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah.
Sekolah dengan pelaksanaan MBS berupaya memberdayakan sekolah dan lingkungannya untuk mewujudkan sekolah yang mandiri dan efektif melalui optimalisasi peran dan fungsi sekolah sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama, mengarah pada peningkatan kualitas pembelajaran dengan mendayagunakan segala sumber yang ada dilingkungan sekolah. Sekolah dengan MBS bertujuan :